Memahami Cara Kerja Search Engine

Related image

jasa pembuatan website murah - Mengerti cara kerja search engine yaitu hal utama yang perlu kamu kenali sebelumnya melakukan SEO. Dengan ketahui bagaimana caranya kerja sebuah mesin pencari, maka kamu dapat pelajari bagaimana caranya untuk mensiasati mesin pencari itu agar situs kamu masuk ke halaman pertama di hasil pencariannya.

Cara Kerja Search Engine
Pekerjaan utama Search Engine yaitu menghadirkan hasil pencarian yang paling relevan dengan query atau kata kunci (keyword) yang di cari oleh user. Nah, untuk memperoleh hasil yang dikehendaki si user, maka hasil pencarian pasti harus relevan dengan kata kunci (keyword) yang di cari user itu. Tantangannya yaitu, bagaimana si Search Engine itu dapat menilainya “relevansi”? Bagaimana search engine yang notabene hanya sebuah “mesin” dapat memastikan “relevansi” yang sifatnya subyektif?

Pikirkan, dari demikian banyak situs didunia yang berisi mengenai “sepatu”, bagaimana si mesin ini dapat memastikan situs yang satu lebih relevan di banding situs yang beda, hingga yang satu itu lalu masuk ke halaman pertama sesaat situs yang beda malah masuk di halaman ke-2?

Tehnik Revelansi Mesin Pencari Google
Dalam memastikan relevansi ini, Search Engine (dalam hal semacam ini Google) pertama-tama juga akan menyatukan dulu (crawling) beberapa situs yang jumlahnya ada milyaran memakai engine punya Google sendiri yang lalu dimaksud spider. Kemudian, beberapa situs itu juga akan digolongkan dan disusun berdasar pada kontennya (indexing).

Dari milyaran situs yang sudah terindex itu, Google lalu memakai algoritma (suatu hitung matematika yang sangat rumit) untuk menilainya situs yang mana yang paling relevan dibanding situs yang lain untuk suatu kata kunci (keyword) tertentu yang di cari user melalui mesin pencari. Dalam memastikan relavansi itu, Google memakai sekitar 200 lebih komponen parameter yang diperhitungan dalam sistem search engine optimation, yang bila dirangkum jadi 3 kelompok utama, yakni :

  • Link : Berapakah banyak link yang menghadap ke situs Kamu? Seberapa relevan link itu? 
  • Content : Apakah situs Kamu memiliki content yang relevan dengan query yang di cari? Apakah kontennya banyak atau sedikit? Apakah kontennya yaitu duplikat semua? 
  • Susunan Situs : Apakah susunan situs Kamu mudah di-crawl oleh Google? Apakah susunan situs Kamu telah dipilah-pilah berdasar pada kelompok yang paling cocok? Apakah banyak link mati di situs Kamu? 

Maka, hal pertama yang perlu dilakukan dalam sistem SEO nanti yaitu bagaimana kamu mengatur 3 paramater ini hingga nanti Google lihat nilai situs kamu lebih tinggi dari pada situs yang lain. Diluar itu masih tetap banyak parameter yang lain yang perlu kamu perhatikan, yang juga akan kita ulas dalam tulisan selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja